Iklan

Iklan

,

Iklan

A D V E R T I S E M E N T

Laksanakan Perintah Presiden Jokowi, KSP BALO'TA Sasar Petani Sosialisasikan Perkebunan Kopi Modern

Author
11 Feb 2023, 09:49 WITA Last Updated 2023-02-11T01:50:31Z
A D V E R T I S E M E N T
Sosialisasi KSP BALO'TA di Lembang Kayuosing Kec. Rembon (Ist)
Infokitasulsel.com, Tana Toraja - Koperasi Simpan Pinjam Balo' Toraja (KSP BALO'TA) gencar melaksanakan sosialisasi terkait dengan pengembangan UMKM di wilayah kerja KSP BALO'TA.

Terkhusus sesuai arahan Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo bersama Menteri Koperasi dan UMKM Bapak Drs. Teten Masduki kepada pengurus KSP BALO'TA di Istana Negara, 19 Desember 2022 lalu.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi memberikan tugas khusus kepada pengurus KSP BALO'TA untuk mengembangkan pertanian kopi modern di Toraja. Hal tersebut berhubungan dengan program pemerintah pusat "Perkuat UMKM untuk Jaga Pertumbuhan Ekonomi".

Diketahui, sebelumnya KSP BALO'TA telah membangun kebun percontohan Vanili Modern yang diperuntukkan kepada Masyarakat (Petani) Toraja terkhusus kepada anggota Petani KSP BALO'TA. Saat ini KSP BALO'TA juga sedang melaksanakan pembibitan Kopi Arabika Lokal asli Toraja untuk disalurkan kepada 1800 Petani Kopi anggota KSP BALO'TA.

Sementara itu, bidang pengembangan usaha KSP BALO'TA gencar melakukan sosialisasi terhadap petani kopi di wilayah-wilayah tertinggi di Toraja yang cocok untuk pengembangan Kopi Arabika lokal Toraja.

Sosialisasi KSP BALO'TA di Poton Mappa' Kec. Bonggakaradeng (Ist)
"Kita tentu sangat mendukung program pemerintah, apalagi secara khusus perintah dari bapak Presiden. kami juga berharap kegiatan ini dapat direspon baik oleh masyarakat," jelas Manajer Pengembangan Usaha KSP BALO'TA Elpis Paselle, S.E. Sabtu 11 Februari 2023.

Elpis menjelasakan masih terus akan melaksanakan sosialisasi terkait dengan pengembangan kopi modern tersebut. Setidaknya Bidang Pengembangan Usaha KSP BALO'TA telah melaksanakan 3 kali sosialisasi, yakni di Kecamatan Gandangbatu Sillanan, Kecamatan Rembon dan Bonggakaradeng.

Sosialisasi KSP BALO'TA di Kec. Gandangbatu Sillanan
Markus Kembang, salah satu Petani Kopi di Mappa' Bonggakaradeng menyampaikan apresiasi atas kerja KSP BALO'TA yang peduli kepada petani, ia pun mengatakan siap mendukung program yang dilaksanakan KSP BALO'TA.

"Kami disini sangat mengapresiasi langkah BALO'TA, semoga kegiatan ini bermanfaat secara khusus kepada kami para petani kopi." tukas Markus.

Iklan

               
         
close